Saturday 3 January 2015

20 Fakta Menarik Tentang Jepang

Kita semua tahu bahwa Jepang telah menjadi salah satu negara yang paling menarik di dunia. Dari segi kebudayaan, kuliner maupun teknologi. Keunikan tersebut telah menjadi inspirasi bagi seluruh dunia. Banyak hal menarik dari negeri sakura ini yang mungkin belum kalian ketahui. Di bawah ini ada beberapa fakta menarik yang dapat memberikan kita kesempatan untuk melihat negara Jepang sebagaimana mestinya. Just scroll down now, dear...

DID YOU KNOW???

1. Persentase jumlah pengangguran di Jepang adalah kurang dari 4%.

2. Sebagian besar masyarakat Jepang tidak memeluk suatu agama. Agama tidak berperan penting di sana. Akan tetapi mereka ikut merayakan hari raya keagamaan. Agama yang populer di Jepang adalah Kristen, Shinto dan Buddha. Hari natal disana dirayakan seperti hari Valentine, jadi lebih seperti hari raya nya pasangan kekasih.

3. Di Jepang ada lebih dari 50.000 orang yang berusia diatas 100 tahun. 21% orang Jepang adalah manula (manusia usia lanjut). Harapan hidup rata-rata di Jepang adalah tertinggi di dunia. Masyarakat Jepang rata-rata hidup 4 tahun lebih lama dari rata-reata masyarakat Amerika.

4. Di Jepang rata-rata hanya memiliki 2 kasus pembunuhan dengan menggunakan senjata api (pistol) dalam satu tahun. Persentase kasus pembunuhan di Jepang termasuk terendah kedua di dunia, perbandinganya 50 per 100.000 orang.

5. Kereta di Jepang selalu tepat waktu. Mereka hanya memiliki rata-rata keterlambatan 18 detik. Menjadikannya negara dengan kereta paling "tepat waktu" di dunia.


6. Di Jepang, jumlah binatang peliharaan lebih banyak daripada jumlah anak-anak. Karena jumlah kelahiran di sana sangat rendah. Sampai-sampai jumlah penjualan popok (diaper) untuk menula lebih laris dari pada jumlah penjualan popok untuk bayi.

7. Orang-orang Jepang yang selamat dari kecelakaan kapal Titanic disebut sebagai pengecut di negaranya. Karena tidak ikut mati bersama dengan penumpang lainnya.



8. Ketiduran saat bekerja, dimaklumi sebagai bentuk kelelahan pekerja karena bekerja dengan keras. Beberapa perusahaan di Jepang juga mewajibkan olahraga pemanasaan untuk persiapan bekerja.

9. Jumlah masyarakat China yang terbunuh oleh tentara Jepang dalam PDII (perang dunia ke-2) lebih besar daripada jumlah orang Yahudi yang terbunuh dalam holocaust.

10. Sekitar lebih dari 24 triliun sumpit telah digunakan di Jepang dalam satu tahun.


11. Di Jepang, ada lebih banyak kertas yang digunakan untuk membuat komik dari pada untuk tissue toilet.


12. Di Jepang, Geisha memiliki arti "Seniman penghibur." Geisha pertama adalah seorang laki-laki.

13. Satu-satunya bahasa asing yang diajarkan di sekolah-sekolah Jepang adalah Bahasa Inggris.


14. Kota Tokyo adalah kota ke-9 dengan biaya hidup termahal bagi pekerja asing di dunia. Posisi pertama adalah kota Singapore (Survey tahun 2014).

15. Menyeruput makanan di Jepang adalah tanda bahwa makanannya lezat dan berupa pujian bagi yang memasaknya.

16. Ada lebih dari 200 gunung berapi (volcano) di Jepang. Gunung Fuji, gunung tertinggi di Jepang merupakan gunung berapi yang masih aktif.

17. Hampir tidak ada imigran di Jepang. 98% populasi di Jepang adalah orang Jepang asli.

18. Sumo adalah olahraga nasional dari Jepang. Selain itu Baseball adalah olahraga yang sangat populer disana. Yang dipengaruhi oleh kehadiran orang Amerika setelah PDII.

19. Ada 4 sistem penulisan yang berbeda di Jepang. Yaitu: Romaji, Hiragana, Katakana dan Kanji.

20. Di Jepang, area bebas rokok sangat jarang ditemukan. Politikus di sana banyak yang tertarik dengan bisnis industri tembakau sehingga kampanye anti-rokok pun hampir tidak ada.

Kunjungi situs keren lainnya di www.knewtoolittle.com

No comments:

Post a Comment